YUK INTIP!!! RUMAH BELAJAR GOES TO SMA NEGERI 1 SUNGAISELAN

           


            Belajar dari rumah merupakan pola pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik pada masa pandemik covid-19. Pola pembelajaran seperti ini mengharuskan guru untuk memastikan kegiatan belajar dari rumah memberikan pengalaman belajar yang bermakna, menyenangkan dan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik.  Evaluasi penerapan belajar dari rumah menunjukkan bahwa peserta didik belum siap untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dengan kendala-kendala dilapangan seperti jaringan internet yang tidak memadai, tidak memiliki HP, terbatasnya kuota internet, dll. Berdasarkan data KPAI, evaluasi terhadap guru menunjukkan bahwa 79,9 % guru hanya memberikan dan menagih tugas kepada peserta didik. Hal ini menjelaskan bahwa dalam pembelajaran jarak jauh menuntut adanya interaksi antara guru dan peserta didik.

Rumah belajar merupakan salah satu portal belajar online yang dikelola oleh Pusat Data dan Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan memanfaatkan Rumah belajar memungkinkan terjadinya interaksi antara guru dan siswa,  dengan mengkombinasikannya dengan platform belajar online lainnya. Fitur –fitur yang tersedia di Rumah Belajar menyediakan bahan ajar dan fasilitas, yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

Kegiatan Sosialisasi dan Berbagi merupakan rangkaian tugas dalam PembaTIK Level 4 Berbagi. Target dari kegiatan sosialisasi berbagi ini adalah guru atau komunitas guru.  Sahabat Rumah Belajar mendatangi sekolah-sekolah untuk memberikan materi berbagi terkait seputar implementasi pemanfaatan Rumah Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh atau materi lainnya yang bermanfaat dalam pembelajaran jarak jauh, seperti pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan apk berbasis android atau PC. Sosialisasi ini diharapkan bisa menjadi alternatif pembelajaran yang membantu para guru dalam proses belajar mengajar dalam kondisi pandemik covid-19 seperti saat ini. 


Dalam kesempatan berbagi kali ini saya melakukan sosialisasi berbagi dimulai dari sekolah tempat saya mengajar di SMA Negeri 1 Sungaiselan. SMA Negeri 1 Sungaiselan merupakan salah satu sekolah yang berada di zona kuning selama masa New Normal. Kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan penerapan ketat protokol covid-19. Kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan sistem shift, yaitu shift pagi pukul 07.15 WIB sampai dengan 09.45 WIB. Shift siang pukul 10.45 WIB sampai dengan 13.15 WIB. Durasi Belajar yang diperpendek mengharuskan guru untuk mengkombinasikan kegiatan belajar tatap muka dengan pemanfaatan portal belajar online.

Kagiatan sosialisasi dan berbagi dilaksanakan berkenaan dengan kegiatan Workshop “Penyusunan KTSP dan Pembelajaraan pada Masa Pandemi Covid-19” yang berlangsung dari tanggal 07 Oktober – 10 Oktober 2020 bertempat di Laboratorium Fisika SMA Negeri 1 Sungaiselan. Peserta  workshop adalah peserta internal dari SMA Negeri 1 Sungaiselan, yaitu guru dan staf pegawai dan juga diikuti oleh peserta eksternal dari SMP Negeri 1 Sungaiselan dan MA AIAI Sungaiselan. Workshop dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah 2 dan Kepala SMA Negeri 1 Sungaiselan dihadiri oleh Pengawas dan Ketua Komite.



Kegiatan dibuka oleh Kepala Cabdin Wilayah 2 dan Kepala SMA N 1 Sungaiselan

Peserta Kegiatan Sosialisasi Berbagi SMAN 1 Sungaiselan

Salam Rumah Belajar dari Guru SMAN 1 Sungaiselan

Penyampaian Materi oleh SRB Babel 2020

Sesi Diskusi dan Tanya Jawab


Yuk mari kunjungi dan gunakan portal Rumah Belajar , serta manfaatkan fitur-fitur di dalam nya. Dengan Rumah Belajar, belajar lebih mudah bisa kapan saja, dimana saja dengan siapa saja. Salam Rumah Belajar..

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar 

Merdeka Belajarnya
Rumah Belajar Portalnya
Maju Indonesia 

#BabelBergerak #PembatikLevel4 #DRB2020 #RumahBelajar #Pusdatinkemdikbud  #dutarumahbelajar #pembatiklevel4babel #gurupenggerak #guruberbagi #merdekabelajar #kemdikbud_ri #IndonesiaMaju



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts