MENJADI DUTA RUMAH BELAJAR (ESSAY 500 KATA)

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarokatuh

Menjadi bagian dari PembaTIK Level 4 Berbagi  merupakan sebuah kebanggan bagi saya. Tahun 2015 saya baru menyelesaikan studi di Jakarta, dan diterima sebagai guru biologi di SMA Plus Bahrul Ulum. Ini adalah pengalaman mengajar saya yang pertama kali sebagai guru di sekolah. Sebelumnya saya sudah pernah mengajar di bimbingan belajar sebagai tutor sejak tahun 2009. Agustus 2017, saya menerima tawaran untuk bekerja di Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka. Kurang Lebih satu tahun saya di sana. Dua tahun yang lalu saya masih berkutat dengan data pasien Tuberculosis. Di tahun 2019 saya lulus seleksi CPNS sebagai guru biologi di SMA Negeri 1 Sungaiselan. Selang setahun berlalu, saya mengikuti Diklat PembaTIK tahun 2020, sampai pada level 4 saya sangat bersyukur, banyak hal-hal positif yang saya dapatkan dari PembaTIK. Literasi, Implementasi, Kreasi dan Berbagi telah membuka mata dan pikiran saya bagaimana seharusnya seorang pendidik di era milenial. Bertemu dan berkenalan dengan Sahabat Rumah Belajar dari seluruh Indonesia, melihat karya-karya dari mereka mempengaruhi saya sebagai seorang pendidik untuk terus meningkatkan kompetensi agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman.


Seperti yang dikatakan oleh pemateri saat coaching PembaTIK, menjadi Duta Rumah Belajar bagi saya adalah sebuah bonus. Siapa pun yang menjadi Duta Rumah Belajar Tahun 2020 saya yakin itu yang terbaik dan sudah garis dari Yang Maha Kuasa. Motivasi saya apabila terpilih menjadi Duta Rumah Belajar tahun 2020, saya akan terus belajar dan berbagi karya-karya saya, ataupun hal-hal positif terkait pendidikan dan pembelajaran, siapa tahu bisa menjadi inspirasi guru-guru lain untuk melakukan hal yang sama. Saya akan coba menularkan apa yang sudah saya dapatkan selama mengikuti PembaTIK kepada guru-guru mulai dari sekolah tempat saya mengajar. Berbagi itu adalah hal menyenangkan, dengan berbagi ilmu pengetahuan akan tetap tumbuh, dengan berkolaborasi percepatan kemajuan pendidikan indonesia akan lebih mudah. Terkait rumah belajar,  saya dengan terbuka akan mencoba membantu guru-guru untuk membumikan rumah belajar mulai dari Sekolah tempat saya mengajar. Semangat positif ini harus terus ditularkan, berkesinambungan, berkelanjutan, tanpa tahu kapan harus dituntaskan.



Akhir kata, sebagai penutup saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya ke PUSAT DATA DAN INFORMASI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, berkat rangkaian kegiatan dalam PembaTIK, telah menjadi gerbang bagi saya sebagai seorang pendidik yang baru merintis, untuk melihat dunia luar di Indonesia, ternyata rekan-rekan guru di seluruh Indonesia telah dulu memulai menjadi seorang guru yang terampil menulis, berkreasi membuat media pembelajaran online , mengimplementasikan TIK dalam pembelajaran dan semangat berbagi yang luar biasa. Tentu saja ini berdampak bagi pembelajaran yang menjadi lebih bervariasi dan menarik. Dengan merdeka belajar, saya yakin kualitas pendidikan di Indonesia mengarah ke perubahan yang makin baik ke depannya yang muaranya adalah mutu lulusan yang siap bersaing di era revolusi 4.0 ini. Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia! Salam Rumah Belajar...

Yuk mari kunjungi dan gunakan portal Rumah Belajar , serta manfaatkan fitur-fitur di dalam nya. Dengan Rumah Belajar, belajar lebih mudah bisa kapan saja, dimana saja dengan siapa saja. Salam Rumah Belajar..

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar 

Merdeka Belajarnya
Rumah Belajar Portalnya
Maju Indonesia 

#BabelBergerak #PembatikLevel4 #DRB2020 #RumahBelajar #Pusdatinkemdikbud  #dutarumahbelajar #pembatiklevel4babel #gurupenggerak #guruberbagi #merdekabelajar #kemdikbud_ri #IndonesiaMaju


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts