Koneksi Antar Materi Modul 2.2

 Sebelum mempelajari modul ini, saya berpikir bahwa pembelajaran sosial emosional itu merupakan bagian dari Bimbingan Konseling (BK) dan dalam RPP yang saya buat dalam pembelajaran hanya mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter atau Dimensi Profil Pelajar Pancasila saja sehingga belum terlintas bahwa Integrasi KSE penting dalam membentuk karakter murid. 

Setelah mempelajari modul ini, dalam pembelajaran integrasi KSE penting dalam menuntun karakter murid dalam mengikuti pembelajaran, sebagai contoh penerapan kesadaran diri. Murid dilatih untuk memiliki pola pikir tumbuh, yang percaya dengan kecerdasan itu bisa berkembang melalui usaha yang tekun. Kemudian, murid diajarkan untuk mampu mengelola emosi, menunjukkan disiplin dan memiliki motivasi secara internal. Murid juga diajarkan untuk memiliki rasa empati antar sesama dlsb. Penanaman karakter2 ini menjadi bekal yang berharga bagi murid ketika mereka nanti berada dilingkungan masyarakat karena dengan memiliki Kompetensi Sosial Emosional ini memiliki kontrol diri yang baik dan peka terhadap perubahan-perubahan yang ada di lingkungannya. 

Berkaitan dengan kebutuhan belajar dan lingkungan yang aman dan nyaman untuk memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensi akademik maupun kesejahteraan psikologis (well-being),  3 hal mendasar dan penting yang saya pelajari adalah: Kompetensi Sosial emosional, Penerapan Pembelajaran KSE di kelas dan sekolah, dan Mindfullnes

Perubahan yang akan saya terapkan di  kelas dan sekolah, diantaranya adalah

  1. bagi murid-murid: mengintegrasikan KSE dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran sehingga dalam pembelajaran dapat melatih KSE pada murid
  2. bagi rekan sejawat: Menginisiasi Penerapan KSE dalam menyusun RPP yang terintegrasi KSE dalam pembelajaran di kelas, mengusulkan pada kegiatan IHT sekolah menyusun RPP yang terintegrasi KSE


Berikut adalah contoh RPP KSE yang sudah saya kembangkan : 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts